MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA

AMANAT MENTERI SOSIAL

PADA UPACARA BENDERA MEMPERINGATI

HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2007

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Saudara-Saudara Para Peserta Upacara yang berbahagia,

Puji syukur kita panjatan kehadirat Alah SWT karena atas limpahan rahmat dan perkenanNya, pada hari ini Sabtu 10 November 2007 kita dapat melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Pahlawan, sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan/pejuang pendahulu kita. Hal ini sesuai dengan ungkapan yang menyatakan bahwa "Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawannya".

Peristiwa 10 November memang patut dikenang setiap tahunnya untuk mengingatkan dan membangkitkan semangat kita didalam mempertahankan dan megisi kemerdekaan.

Kita ketahui upaya meraih kemerdekaan dan mempertahankan kemerdekan telah menuntut pengorbanan yang besar dari para pendahulu negeri, salah satunya adalah pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Saudara-Saudara Sekalian,

Pertempuran 10 November adalah peristiwa heroik yang melibatkan banyak korban jiwa berjatuhan dikalangan rakyat, baik tua muda, peria wanita, pejuang terlatih maupun rakyat biasa yang dengan tekad kuat dan semangat membara maju kemedan perang dengan pantang menyerah, tanpa pamrih, percaya kepada kemampuan sendiri untuk menghadapi gempuran bangsa asing yang ingin mengambalikan kekuasaannya di Indonesia.

Semangat dan nilai-nilai kepahlawanan serta wawasan kebangsaan yang tersirat dalam pertempuran 10 November tersebut hendaknya dapat kita hayati dan dapat menjadi insfirasi memacu dan memicu bagi kita didalam mengisi kemerdekaan.

Saudara-saudara yang saya hormati.

Pada masa kini tantangan yang kita hadapi dalam meujudkan cita-cita para pendahulu kita dirasa masih sangat berat, tak kalah hebatnya dengan perjuangan yang pernah dilakuan para pendahulu negeri. Hal ini menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua untuk  bahu membahu yang dilandasi oleh semangat pengorbanan dari para pendahulu kita.

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2007 yang mengangkat tema : Dengan Semangat Kepahlawanan, Kita Mantapkan Wawasan Kebangsaan dalam Mewujudkan Rakyat Sejahtera", hendaknya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama anak bangsa demi mencapai kemajuan negeri seperti yang kita dambakan.

Berbagai permasalahan yang mendera bangsa ini mulai dari benca alam seperti gempa bumi yang belum lama terjadi di berbagai bagian di wilayah Indonesia, hingga permasalahan kompleks lainnya seperti kemiskinan, pengangguaran, masalah penddikan, masalah kesehaan, peredaran dan penggunaan narkoba yang masih marak di tanah air, konflik antar warga, ancaman disintegrasi dan sebagainya, memerlukan pemikiran dan penyelesiaan yang bijakasana untuk mengatasinya.

Saudara-saudara sebagsa dan setanah air.

Marilah dengan semagat kepahlawanan dan wawasan kebangsaan yang telah ditunjukkan para pendahulu negeri, kita bangkit untuk berperan aktif memberikan kontribusi sesuai dengan kemampuan dan bidang tugas masing-masing.

Dengan dilandaasi kesungguhan dan semangat nilai-nilai kepahlawanan serta wawasan kebangsaan, bukanlah hal yang mustahil kita dapat mengatasi segala permasalahn yang menghadang negeri ini dan kita akan dapat bangkit menjadi bangsa yang sejahtra, "Bersama Membangun Bangsa".

Akhirnya saya berharap hendaknya peringata Hari Pahwalawan Tahun 2007 dapat berjalan dengan hidmat dan menjadi momentum untuk menumbuhkembangkan  nilai-nilai kepahlawanan dan memantapkan wawasan kebangsaan kepada seluruh masyarakat.

Demikian, semoga Tuhan Yang Maha Esa Selalu meridhoi dan membimbing kita semua.

Sekian dan terima kasih.

Wassalammu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

                                                                                       Jakarta, 10 November 2007

                                                                                       MENTERI SOSIAL

                                                                                              ttd

                                                                                         H. BACHTIAR CHAMSYAH,SE

 

 

 

                                                                                                                                                      

Last Updated On Saturday, 10 November 2007 08:32:59 AM