GUBERNUR NUSA TENGGARA BARAT

AMANAT PADA

PERINGAAN HARI ULANG TAHUN KE – 47

PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

MATARAM, 17 DESEMBER 2005

Bismillahirrahman Nirrahim

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Segenap warga masyarakat NTB yang saya hormati,

Saya cintai dan saya banggakan.

Hari ini, berkat limpahan rahmat dan ridho Allah SWT Tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang. Kita segenap warga masyarakat NTB, kembali berkesempatan memperingati hari ulang tahun ke-47 terbentuknya Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebagai hamba yang padai mensyukuri nikmat, marilah kita merenung sejenak sembari mempersembahkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, karena hanya atas kuasaNya, kita masih diberikan kesempatan berbuat kebajikan ikut membangun daerah guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtra.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, atas nama Pemerintah Provinsi NTB, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada pimpinan dan anggota DPRD Provinsi NTB, segenapanggota muspida NTB, para Walikota/Wakil Walikota dan para Bupati/Wakil Bupati se NTB, pimpinan dan anggota DPRD serta anggota muspida Kabupaten dan Kota se NTB, para pejabat sipil, TNI dan POLRI, pimpinan Partai Politik dan Ormas, para Tuan Guru, pemuka agama, para cerdik pandai, tokoh adat, pengiat LSM, generasi muda, insan pers, anak-anakku para pelajar, pemuda, mahasiswa dan segenap lapisan masyarakat NTB lainnya yang selama ini telah berpartisipasi dan tetap memiliki komitmen tinggi untuk membangun daerah ini.

Segenap warga masyarakt NTB yang saya hormati, saya cintai dan saya bangakan.

Makna penting dari setiap kali kita memperingati hari ulang tahun daerah seperti ini adalah merupakan momentum evaluasi terhadap hal-hal yang telah mampu diperbuat, menilai kekurangan yang masih terjadi, serta melakukan antisipasi terhadap berbagai kemunginan di masa depan.

Dalam rentang usia 47 tahun, berbagai kemajuan yang membesarkan hati telah kita rasakan bersama. Namun tidak bisa dipungkiri, banyak pula hal yang masih membutuhkan perhatian dan perjuangan keras dari kita semua guna muwujudkan tantangan kehidupan yang lebih baik lagi.

Kita patut bersyukur, diusia yang kini telah mencpai 47 tahun, dinamika pembangunan NTB cukup progresive. Berjalannya proses pembangunan ini sangat didukung oleh terciptanya situasi kondusif ditengah masyarakat. Situasiyang kondusif inilah yang menghantarkan terselenggaranya Pemilihan Kepala Daerah secara langsung di 5 Kabupaten dan 1 Kota di NTB dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses sesuai dengan hati nurani rakyat.

Segenap warga masyarakat NTB yang saya hormati, saya cintai dan saya banggakan.

Meski masih dalam situasi yang masih sulit, setahap demi setahap titik terang kearah keberhasilan pembangunan mulai menampakkan wujudnya. Diakhir bulan ramadhan yang lalu, Presiden Republik Indonesia berkenan hadir meresmikan Proyek air bersih yang telah lama dinantikan masyarakat di lombok bagian selatan. Bersamaan dengan itu, Presiden memberikan penegasan untuk segera membangun bandar udara internasional lombok yang lebih dari satu dekade tidak jelas nasibnya.

Perlahan namun pasti, tanggal 30 Nopember yang lalu, Menteri Perhubungan Republik Indonesia telah melakukan perataan tanah (Ground breaking) sebagai tanda dimulainya pembangunan bandar udara internasional lombok ini.

Keberhasilan lain yang sangat membesarkan hati adalah diraihnya penghargaan dari Presiden RI atas keberhasilan pembangunan di berbagai sektor yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten dan Kota di NTB seperti keberhasilan Kota Mataram mendapatkan Penghargaan Presiden sebagai Kota Bersih dan Sehat se Indonesia. Keberhasilan Bupati Dompu yang keluar sebagai peringakt I Lomba Penghijauan dan Konservasi alam tahun 2005 tingkat nasional serta keberhasilan –keberhasilan lain yang mampu ditorehkan warga Nusa Tenggara Barat lainnya.

Keberhasilan ini tentu tidak akan pernah diperoleh manakala tidak diperjuangkan secara sungguh-sungguh dan tidak diperjuangkan secara sunguh-sungguh dan tidak mendapat dukungan maksimal dari seluruh lapisan masyarakat, oleh karena itu marilah kita senantiasa merajut kebersamaan dan harmoni kehidupan dalam suasana yang kondusif sehingga dimasa yang akan datang dita dapat berbuat lebih optimal dan kita berharap muaanya dapat meningkatkan kualitas hidup dan derajat kesejahtraan masyarakat NTB secara keseluruhan.

Menyikapi berbagai fenomena dan dinamika aktual yang terjadi belakangan ini di beberapa daerah di NTB, saya beharap agar kita semua dapat menghadapinya dengan tenang, sabar, tetap berfikir jernih, bersikap positip dan hindarilah tindakan provokasi yang dapat mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Sadarilah bahwa dengan terganggunya stabilitas di tengah masyarakat sekaligus akan mengganggu pelaksanaan jalannya pembangunan di daerah kita tercinta ini.

Segenap warga masyarakat NTB yang saya hormati, saya cintai dan saya banggakan.

Bersamaan dengan peringatan HUT ke 47 Provinsi NTB, dalam bulan Desember ini terdapat berbagai peringatan hari besar seperti Hari Ibu, Hari Nusantara, Hari Bakti Transmigrasi, Hari Guru, Hari kesetiakawanan sosial nasional, Hari Aids sedunia, Hari internasional penyandang cacat, Hari hak azasi manusia dan beberapa peringatan hari besar lainnya.

Berkaitan dengan peringatan hari-hari besar tersebut, kepada Dinas/instansi dan Leading sector yang menangani peringatan hari besar ini saya sampaikan ucapan selamat disertai harapan semoga pesan moral yang terkandung disetiap peringatan hari besar tersebut dapat menjadi sumber motivasi dan sumber inspirasi serta mampu diaktualisasikan dalam program pembangunan di daerah.

Segenap warga masyarakat NTB yang saya hormati, saya cintai dan saya banggakan.

Seiring dengan mulai tibanya musim penghujan, sykur alhamdullillah mudah-mudahan turunnya hujan ini merupakan berkah karena kita terhindari dari bencana kekeringgan yang berkepanjangan. Namun demikian, kita haruslah tetap waspada terhadap ancaman yang lain berupa berjangkitnya berbgai ancaman penyakit seperti deman berdarah, malaria, muntaber, bahaya banjir, tnah longsor dan lain sebagainya.

Menghadapi realita ini kita semua sesuai dengan tugas, bidang dan profesimasing-masing dituntut mampu berbuat untuk keselamatan dan kesejahtraan masyarakat kita. Karenanya sangatlah tepat bila peringatan HUT Provinsi NTB kali ni mengusung thema " Dengan Peringatan Ulang Tahun ke-47 Provinsi Nusa Tenggara Barat Kita Tingkatkan Kualitas Hidup dan Kesejahtraan Masyarakat"

Thema ini sekaligus pesan moral agar berbagai aktivitas yang kita lakukan hendaknya benar-benarmemperhatikan aspek peningkatan kualitas hidup dengan memperhatikan upaya pelestarian lingkungan hidup disekitar kita ini sekaligus berjuang meningkatkan kesejahtraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi produktif.

Dalam kaitan ini serta mengantisipasi peluang masa depan dan melihat potensi besar yang kita miliki, maka pemerintah Provinsi NTB sangat terobsesi untuk mampu menjadikan daerah ini sebagai Provinsi Jarak. Dipilihnya komoditi ini karena senyatanya kita memiliki lahan marginal yang cukup luas dan sangat cocok untuk dijadikan areal penanaman jarak. Tanaman jarak sebagaimana kita ketahui bersama merupakan sumber energi alternatif selain minyak bumi yang jumlahnya kian menipis. Tanaman jarak ini nantinya memiliki prospek pasar yang sangat cerah. Dengan menanam jarak petani mampu memanfaatkan lahan-lahan marginal menjadi lahan produktif sekaligus juga mencegah degradasi kualitas hutan dan lahan.

Komitmen pemerintah untuk menjadikan daerah ini sebagai daerah lahan jarak, diujud nyatakan dengan akan dicanangkannya gerakan penanaman jarak mulai hari ini di seluruh wilayah NTB. Dengan menanam jarak, petani memiliki mata pencaharian sekaligus membantu meningkatkan kesejahtraannya.

Sekali lagi melaui momentum peringatan hari ulang tahun ini, marilah kita tingkatkan kepedulian dn tanggung jawab terhadap upaya pelestarian lingkungan hidup di daerah kita ini. Ingat dan renungkanlah bahwa hutan, lahan dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya bukanlah warisan nenek moyang yang dapat dieksploitasi sekehendak hati, karena semua itu adlah titipan anak cucu yang harus dijaga dan dipelihara kelestariannya bagi kesejahtraan hidup anak cucu nanti.

Segenap warga masyarakat NTB yang saya hormati, saya cintai dan saya banggakan.

Saya aykin dan percaya kita semua kini tentu merasa terpanggil untuk ikut membangun daerah sesuai dengan bidang ugas, profesi dan kemampuan kita masing-masing. Sekecil apapun kontribusi positif yang mampu kita persembahkan, tentu itu jauh lebih mulia dan terpuji dari pada tidak berbuat sesuatu apalagi bersikap apatis dan kontra produktif bagi proses pembangunan itu sendiri. Marilah kita singsingkan lengan baju, singsingkan setiap onak dan duri dan tetaplah masa depan dengan penuh optimisme.

Segenap warga masyarakat NTB yang saya hormati, saya cintai dan saya banggakan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat saya sampaikan mengiringi upacara peringatan ulang tahun ke-47 Provinsi Nusa Tenggara Barat yang kita cintai ini. Semoga Allah SWT Tuhan yang maha kuasa senatiasa meridhoi setiap jejak langkah perjuangan yang kita jalankan, amin.

Dirgahayu Nusa Tenggara Barat.                                                                                                     

Sekian dan terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

                                                                                                                                                      

Last Updated On Saturday, 13 May 2006 05:57:09 PM